Nurmalitaseptiani's Blog

6 ETIKA MENAKLUKAN REKAN SEKERJA YANG MENYEBALKAN

Posted on: Januari 2, 2010

1. Batu Jangan Dilawan Batu
Pribahasa ‘setetes air bisa menghancurkan batu’ menjadi resep ampuh untuk menaklukan masalah ini. Jangan sebaliknya, menghadipi si menyebalkan dengan sikap yang keras pula. Hadapi dengan tenang, setiap ia membuat masalah dengan orang lain atau dengan anda sendiri. Jika sikapnya mulai kelewatan, ingatkan dengan nada bicara tenang. Selain ia jadi sadar atau malu, orang lain juga simpati melihat anda lebih dewasa dibandingkan dia.

2. Hindari Bertengkar Di Kantor
Terkadang menghadapi orang yang sangat menyebalkan butuh kesabaran ekstra. Kalaupun kita sudah tidak tahan dengan sikapnya yang menyebalkan, hindari membuat keributan di kantor. Selain akan membuat keributan di kantor dan mood kita, image pun akan ikut tercemar. Cari waktu yang tepat untuk membicarakannya, missal sesudah jam kerja sambil santai makan malam. Dengan empat mata bisa bebas bicara, tanpa harus memikirkan rekan kerja yang lain.

3. Jadikan Team Work
Daripada pusing memikirkan bagaimana cara menghadapi si keras kepala, ajak saja masuk menjadi team work. Dengan makin banyak menghabiskan waktu bersama-sama, tentu semakin dekat dan lebih mengenal satu sama lain. Karena bisa saja timbul perseteruan, kerena belum saling mengenal. Bila sebelumnya terjadi konflik kecil, tidak perlu putus asa. Semakin lama justru tim akan semakin solid, jika masing-masing memiliki satu komitmen dalam satu pekerjaan.

4. Jangan Asal Nyelonong
Kita sendiri pasti sebal bila ada teman yang suka ‘slonong boy’, seperti tidak punya etiket. Masuk ke wilayah orang lain, tanpa minta izin sebelumnya. Sebaliknya, kita juga harus punya tata karma dengan orang lain. Missal membuka computer tanpa permisi, mungkin didalamnya banyak data pribadi yang rahasia. Pastilah seperti kita, ia pun akan tersinggung melihat prilaku ini.

5. Pendapat Meyakinkan
Terkadang kita harus menghadapi rekan kerja, yang selalu menganggap remeh orang lain bahkan gila kekuasaan. Untuk menghadapi rekan seperti ini, kita butuh trik khusus, karena ingin terlihat lebih dimata orang lain. Jika tipenya selalu menilai pendapat orang lain salah, coba yakinkan bahwa pendapat kita baik untuk orang banyak. Missal dikatakan bahwa pendapat ini sudah didiskusikan dengan orang lain. Mereka akan yakin dan simenyebalkan pun tidak punya kesempatan untuk menjauhi kita lagi.

6. Jangan Sepelekan Orang Lain
Setiap orang punya kelebihan masing-masing, jangan sekali-kali menepelekan kemampuan seseorang, apalagi didepan orang lain. Membuat mereka berspekulasi bahwa kita iri pada prestasi orang lain. Lagi pula kita tidak pernah tahu, apa saja kemampuannya. Bisa saja kita dijatuhkan dibelakang kita. Jadi, jangan pernah menganggap remeh orang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: