Nurmalitaseptiani's Blog

GEMUK BUKAN KETURUNAN

Posted on: Januari 2, 2010

Menurut Dr johanes, pada umumnya seseorang mulai gemuk selepas kuliah, dikarenakan kurangnya aktivitas. “Biasanya setelah bekerja, tubuh mulai gemuk karena alasan tidak ada waktu olah raga, sibuk, banyak kerjaan. Pola makannya sudah berbeda, sehingga memungkinkan untuk kelebihan asupan kalori. Selain itu usia juga mepengaruhi, karena pembakaran mulai menurun, metabolisme tubuh juga mulai menurun,” katanya.

Banyak yang bilang kegemukan adalah factor keturunan. Johanes justru membantah, “ jika orangtuanya gemuk, kemungkinan anaknya gemuk 40%. Jadi berarti ada 60% factor lain penyebab gemuk seperti lingkungan, gaya hidup, asupan gizi, dan pengeluaran kalori.

Makin gemuk seseorang maka kemungkinan timbulnya penyakit tentu akan semakin besar, “Tolak ukurnya adalah lingkar pinggang. Jika pria melebihi 90 cm dan wanita melebihi dari 80 cm, maka akan timbul penyakit yang tidak diinginkan. Tapi pendapat harus sit up untuk mengecilkan perut, itu salah. Tidak ada olah raga khusus untuk mengecilkan berat badan. Lakukan oalah raga untuk pembakaran saja karena apapun dilakukan, bagian mengecil duluan adalah yang gemuk.”

Teori mengatakan, jika makan pagi maka performa kinerja akan lebih baik dibandingkan dengan yang tidak sarapan. “Kalau orang sarapan kan pada saat makan siang nggak terlalu lapar. Makannya nggak akan banyak. Kondisinya nggak akan lemas bila menahan lapar, jadi kinerjanya akan bagus. Saya menganjurkan pasien agar sarapan, tetap makan siang dan malam. Asalkan menerapkan pola makan yang sehat dan mempertahankan berat badan ideal dalam waktu lama,” terang dokter yang selalu tampak ramah.

Untuk mendapatkan tubuh ideal, yang penting adalah pola makan, diet rendah lemak, rendah kalori, dan gizi seimbang,” sarannya.

Spesialis Gizi Kinik
Dr. Johanes Casay Chandrawinata, MND, SpGK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: