Nurmalitaseptiani's Blog

HIDUP NYAMAN DENGAN GAJI BULANAN

Posted on: Januari 2, 2010

1. Besyukur
Tanpa rasa syukur, hati kita akan selalu merasa tak puas hingga memunculkan stress. Stress, apa pun bentuknya, bakal mengganggu kesehatan. Kalau kesehatan terganggu, otomatis perlu pengobatan yang akhirnya menyangkut juga pada masalah keuangan. Nah, langkah pertama, hindari hal ini. Bersyukur atas apa yang diterima. Sebagai catatan, perlu diingat bahwa banyak orang lain yang mungkin bekerja keras melebihi kita dan menerima imbalan jauh dibawah angka kita. Rasa syukur membuat kita optimis, senang, dan tenang.

2. Beli Perhiasan Emas
cara paling jeli membuat uang tetap utuh adalah membeli perhiasan emas. Biasanya harga perhiasan emas stabil, tetapi di saat-saat tertentu ketika kenaikan harga barang-barang melonjak harga emas pun ikut melambung. Kita bisa melepasnya kembali saat harga tinggi dan menimpannya di bank

3. Catat Pengeluaran Sebulan
Langkah berikutnya, catat apa saja pengeluaran kita tiap bulan yang wajib dianggarkan dan tak bisa ditawar atau dikurangi. Missal membayar tagihan telepon, biaya makan sehari-hari, serta transportasi ke tempat kerja pp. dari catatan atdi kita evaluasi. Kemana saja uang mengalir hingga setiap bulan kok tidak mencukupi. Apa ini karena kebutuhan dadakan atau karena pembelanjaan konsumif yang seharusnya bisa dihindari. Beitu bisa mengevaluasi pengeluaran bulanan, maka misteri itu akan terpecahkan.

4. Rencanakan Pengeluaran
Setelah tahu kebutuhan bulanan, kita wajib merencanakan keuangan sesuai kebutuhan. Namun yang ada diurutan pertama adalah tabungan. Kita harus menyisihkan penghasilan untuk ditabung, meski jumlahnya tidak terlalu besar. Ini akan jadi dewa penolong saat kita membutuhkan dana dadakan di luar perencanaan bulanan. Kalau sekitar 10%-20% dari penghasilan bisa ditabung, ini lumayan bagus.

5. Ikut Arisan
Cara paling menyenangkan untuk menabung, salah satunya adalah ikut arisan. Dengan ara ini kita dituntut untuk menepati iuran yang disepakati setiap sebulan sekali. Jumlahnya yang terkumpul dari hasil arisan ini tentu saja perlu ditabung lagi. Jangan diobral untuk membeli peralatan tak perlu saat kita mendapat giliran mendapat arisan.

6. Ganti-Ganti Tempat Belanja
Kita jangan terpancing belanja disatu supermarket, tetapi perlu dilirik juga tempat belanja yang lain. Bandingkan harganya. Dan biasanya membeli dalam jumlah yang banyak, harga akan lebih rendah. Anda bisa belanja bareng dengan rekan-rekan untuk menyisiati hal ini agar jatuhnya harga lebih murah.

7. Tepati Perencanaan
Lucu juga kalau membuat perencanaan belanja dalam sebulan tetapi Cuma tinggal catatan. Artinya, tak menepati apa yang telah diniatkan. Jadi meski agak berat, kita mesti menepati apa yang telah direncanakan, agar hidup lebih nyaman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: