Nurmalitaseptiani's Blog

ARRAY

Posted on: Juni 6, 2010

Pada umumnya kata ini digunakan untuk bahasa Pemrograman yang menampung data-data dalam variabel yang tersusun dengan nama yang sama. Two array dimensions = susunan dua dimensi. Array ini identik dengan susunan suatu rak yang diberi nama dan nomor. misalnya rak tersebut diberi nama {Pegawai} lalu data dari masing-masing pegawai tersebut ditempatkan berdasarkan nomornya. Array adalah sekumpulan variabel yang memiliki tipe data yang sama dan dinyatakan dengan nama yang sama. Array merupakan konsep yang penting dalam pemrograman, karena array memungkinkan untuk menyimpan data maupun referensi objek dalam jumlah banyak dan terindeks. Array menggunakan indeks integer untuk menentukan urutan elemen-elemennya, dimana elemen pertamanya dimulai dari indeks 0, elemen kedua memiliki indeks 1, dan seterusnya.

A. Mendeklarasikan Variabel Array

Mendeklarasikan variabel array dengan tipe data yang diinginkan dengan cara yang hampir sama dengan variabel biasa. Misalnya untuk mendeklarasikan variabel bertipe integer, dapat dilakukan dengan cara :

int[ ] bilangan; atau int bilangan[ ];

Jadi perbedaan utama pendeklarasian variabel array dengan variable biasa adalah adanya tanda kurung [ ] di akhir tipe data atau di akhir nama variabel array. Pada tahap pendeklarasian variabel array ini belum ada alokasi memori untuk menyimpan data.

B. Mendefinisikan Array

Setelah mendeklarasikan array, kita perlu mendefinisikan array, dalam arti menentukan besar array yang diinginkan. Misalnya dengan cara :

Bilangan = new int[5];

Array memiliki ukuran yang tetap dalam arti tidak dapat membesar atau mengecil ukurannya setelah didefinisikan. Setelah didefinisikan, maka variabel dengan nama bilangan dapat menyimpan 5 nilai integer yang dapat diakses melalui indeks 0 sampai indeks 4. Setelah pendefinisian array, maka memori akan dialokasikan untuk menyimpan data dari array. Besar memori yang dialokasikan tergantung dari tipe data variabel array dan jumlah elemen array yang didefinisikan.

C. Array Dua Dimensi

Pada Java juga menyediakan fasilitas untuk membuat array dua dimensi yang dapat membantu dalam pemrograman apabila arrray satu dimensi tidak mencukupi dalam menghasilkan suatu solusi. Array dua dimensi sebenarnya adalah array yang berisi array.

D. Array Multidimensi

Selain array satu dimensi dan array dua dimensi, dapat juga membuat array multidimensi pada Java. Array multidimensi merupakan array yang terdiri dari array yang tidak terbatas hanya dua dimensi saja. Kita dapat menggunakan kode berikut untuk mendapatkan array tiga dimensi :

int[][][]array dimensi = new int[5][10][5];

Dan pada array multidimensi, kita dapat menentukan ukuran array yang berbeda pada tiap array. Misalnya :

int[][][] mdimensi = new int[5][][];

Dari kode diatas, kita mendapatkan array pertama dengan 5 elemen, tetapi kita belum mendefinisikan ukuran array dimensi kedua dan ketiga.

E. Istilah lain yang mungkin terkait

Array Element

Nilai:value data dalam suatu array. Setiap array element dapat (biasanya) diperlakukan sebagai varia…

Array Processor

Disebut juga dengan vector processor. Merupakan sebuah komputer dimana arithmetic unitnya mampu untu…

Array Languages

Bahasa pemrograman pada klasifikasi ini disebut juga dengan bahasa pemrograman vektor (vector langu…

Array Programming Language

Bahasa pemrograman untuk pengolahan data yang tersusun atas baris dan kolom atau matriks atau vektor…

An Array Processing Language

Bahasa pemrograman khusus untuk pemrosessan array.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: